Minggu, 08 Mei 2011

Bahasa Arab Menjadi Bahasa Kedua di Australia


SYDNEY - Bahasa Arab menjadi bahasa yang banyak dipakai oleh anak muda di Australia. hasil riset menunjukkan, satu dari delapan anak multilingual di Australia, menggunakan bahasa arab di rumahnya.

Seperti dilansir AFP, Jum'at (15/4/2011), The Australia Early Development Index melakukan penelitian terhadap 260 ribu anak sekolah pada tahun pertama sekolahnya, 18 persen dari anak-anak itu berbahasa Arab.

Bahasa Vietnam merupakan bahasa populer kedua setelah Arab yang digunakan oleh 8,4 persen, kemudian diikuti bahasa Yunani, China dan India yang kurang lebih digunakan oleh lima persen anak muda.

Inggris, Selandia Baru, India dan Amerika Serikat adalah negara atas kelahiran warga Australia, diikuti oleh Filiphina, China, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Sri Lanka.

"Penduduk Australia merupakan salah satu populasi yang memiliki budaya dan bahasa yang beragam di dunia dan hal ini dapat dibuktikan dari hasil survei AEDI," ujar seorang peneliti.

Anak-anak suku Aborigin berjumlah 4,8 persen dari populasi siswa dan hanya seperlima dari mereka yang berbicara bahasa asli di rumah. Kebanyakan bahasa pribumi digabungkan dengan bahasa Inggris.

Hasil studi mengungkapkan, kurang dari 100 anak yang menggunakan bahasa pribumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar